Pages

Subscribe:

Rabu, 04 Mei 2011

Istilah-Istilah dalam Komputer Dan Informatika (Entri C)

Cabinet File
Sebuah format file dari Microsoft yang dipakai untuk menempatkan file-file kompresan pada distribution disk. Untuk melepaskan kompres dari file, dipergunakan program Windows 95/98 Extract yang dijalankan pada perintah baris DOS.

Cabling System
Sistem pembagian kabel bagi seluruh unit dalam jaringan yang akan menghubungkan secara fisik semua stasiun dengan jaringan data LAN.

Cache
Berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen.
Cache Folder
Disebut juga Temporary Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah didownload dari Internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya ditampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.

Cache Memory
Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban.

CAD (Computer Aided Design)
Software untuk membuat desain produk dan gambar teknik.

CAI (Computer Assisted Instruction)
Software untuk membantu pemahaman siswa tentang suatu obyek. Aplikasinya berupa dialog antara siswa dengan komputer. Secara bertahap komputer akan memberi pertannyaan. Berdasarkan jawaban yang dimasukkan siswa, komputer akan memberi informasi apakah siswa melakukan kesalahan.

Calculator Mode
Terminal yang memiliki kemampuan penghitungan seperti kalkulator. Pengguna memasukkan sebuah ekspresi dan komputer akan mengevaluasi dan memberikan jawaban sesegera mungkin.

Caldera (http://www.caldera.com)
Salah satu distro Linux, Caldera memaketkan produknya dalam 3 kategori : OpenLinux Lite, OpenLinux Base, dan OpenLinux Standard. Produk pertama merupakan versi evaluasi 90 hari. Produk kedua berisi semua paket Lite plus sistem operasi yang lengkap dan mudah diinstall dengan integrasi desktop, client server Internet, dan Intranet. Paket ketiga menyediakan semua paket Base plus komponen high-end dan beberapa perangkat lunak komersial.

Call
Perintah untuk mengerjakan sebuah prosedur atau subrutin dimanapun perintah ini diletakkan, mengambil beberapa kondisi masukan yang dibutuhkan dan memberikan hasil, kemudian kembali ke program pemanggil.

Call In
Perintah untuk memindah kontrol dari program utama ke subrutin secara sementara untuk tujuan tertentu.

Call Instruction
Perintah dalam program utama untuk memanggil subrutin.

Callout
Salah satu kemampuan dalam pengolah kata Ms-Word untuk menambahkan tempat teks penjelasan gambar.

CAM (Computer Aided Manufacture)
Sistem komputer untuk mengatur dan mengawasi jalannya proses operasi suatu mesin.

Cancel
Digunakan untuk membatalkan perintah atau menggagalkan kegiatan yang sedang dikerjakan.

Canned Software
Software yang telah dibuat oleh orang lain dan pengguna (user) tinggal membeli dan menggunakan saja.

Caps Lock
Tombol pada keyboard yang berfungsi mengubah semua tombol huruf menjadi huruf besar.

Caption
Dalam lingkungan pengolah kata Ms-Word perintah ini digunakan untuk menambahkan keterangan pada sebuah gambar, tabel atau obyek lainnya.

Card File
Program aplikasi dalam lingkungan Windows yang dapat digunakan sebagai buku alamat. Karena dapat menyimpan data seseorang, seperti nama, alamat, nomor telepon serta beberapa catatan lainnya.

Carriage Return
Istilah lain untuk menyebut tombol Enter pada keyboard.

Carrier Sense Multiple Access (CSMA)
Protokol yang umum digunakan dalam Ethernet pada proses pentransferan data/informasi.

Carry
Ketika komputer menjumlahkan dua angka dan mendapatkan jawaban yang melebihi kapasitas register, maka angka 1 terkiri dari jawaban akan hilang. Tetapi komputer mengenali situasi ini dengan memberikan carry flag.

Carry Flag
Suatu rangkaian flip-flop untuk menandai adanya overflow dalam operasi penghitungan komputer.

Cascade
Metode menampilkan jendela (window) dalam lingkungan Windows. Jendela-jendela yang dibuka akan ditampilkan secara bertumpuk. Setiap sisi atas jendela (di bagian heading) tetap terlihat sehingga pemakai dapat mengaktifkan jendela yang berada di tumpukan bawah dengan meng-klik heading-nya.

Case
Sebuah case komputer sebenarnya tak lebih dari rangka dari sebuah komputer. Case ini adalah tempat komponen-komponen yang membentuk sebuah sistem komputer terletak, juga untuk meletakkan alat pendingin (cooling fan), dan juga meng-ground listrik yang terdapat pada komponen-komponen yang ada melalui rangka yang terbuat dari besi. Case yang besar dengan tempat ekspansi yang banyak lebih disukai, dengan adanya ruang ekspansi yang banyak anda dapat menambahkan perangkat-perangkat lain dengan mudah. Contoh perangkat-perangkat yang dapat ditambahkan ini misalnya drive DVD, CD writer, dan lain-lain. Saat ini case dengan bentuk tower biasanya lebih disukai daripada case dengan bentuk desktop karena memiliki tempat yang lebih luas untuk ekspansi, dan juga dapat memiliki kemampuan pendinginan yang lebih baik. Sebuah case bisa berupa AT atau ATX, dimana perbedaannya terletak pada posisi motherboard nantinya, demikian pula power supply yang datang bersama case tersebut. Case komputer biasanya datang bersama-sama dengan power supply, walaupun kadang-kadang disarankan agar anda membeli power supply terpisah sehingga bisa mendapatkan kedua barang tersebut dengan kualitas yang sama-sama tinggi.

CASE (Computer Aided Software Engineering)
Software yang mampu menyelesaikan proses analisis, pemrograman dan pengembangan sistem secara otomatis.

Case Statement
Dalam pembuatan program, case merupakan metode pencabangan dengan banyak pilihan (option). Sering digunakan karena penulisannya lebih ringkas dan proses pembandingannya lebih cepat.

Casing
Wadah atau tempat melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya. Jenis casing komputer adalah berdasarkan bentuknya, yaitu:
1. Casing desktop
Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm. Umumnya casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk harddisk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.
2. Casing tower
Saat ini komputer 80486 ke atas menggunakan casing tower, selain memakan sedikit tempat sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer lebih luas, sehingga suhu dalam casing komputer tidak cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya.
Casing komputer jenis tower terdiri dari:
a. Mini tower
Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama. Yang membedakan dari jenis-jenis tersebut adalah ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya.
b. Middle tower
Casing tower dipasaran juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

Catalog
Perintah dalam DOS untuk menampilkan daftar file yang berada dalam sebuah disk.

Catanet
Bentuk jaringan komputer yang seluruh host-nya terhubung ke jaringan lain yang memiliki perbedaan karakter. Masing-masing jaringan akan dihubungkan dengan gateway ataupun router sehingga dapat saling berkomunikasi.

Carrier
Sinyal yang dibaca modem ketika modem sedang berada pada akhir tugas membaca dari jalur lain namun tidak sedang melakukan transmisi.

CC (Carbon Copy)
Alamat yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat yang dituju utama.

CCIT (Comite Consultatif Internationale de Telegraphique et Telephonique)
Sebuah organisasi tingkat dunia yang bertugas menentukan standar-standar di bidang komunikasi.

CCIT Recommendations
Rekomendasi yang diberikan oleh CCIT untuk penggunaan alat-alat pendukung komunikasi, misalnya jenis protokol komunikasi, metode modulasi modem, dan lain-lain.

CD (Carrier Detect)
Status modem jika sedang terhubung dengan modem lain.

CD (Compact Disc)
Suatu piringan optik yang diisi dengan pengkodean laser, didisain untuk menyimpan sejumlah besar data. Ada banyak format CD yang tersedia untuk penggunaan bagi komputer.

CD Drive (Drive CD)
Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) dan WORM (Write Once Read Many).

CD ROM (Compact Disc Read Only Memory)
Compact Disk yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah); digunakan dalam penyimpanan data komputer.

CD RW
Sebuah Compact Disk yang selain dapat dipakai untuk dibaca juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan menulisnya menggunakan CD-RW Drive.

CD RW Drive
Alat pembaca Compact Disc yang digunakan untuk mengisi data ke CD RW.

CD Title
Compact Disc yang berisi program-program komputer.

CDMA (Code Division Multiple Access)
Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.

Cell
1. Istilah dalam program pengolah kata dan pemrograman untuk menggambarkan pertemuan antara baris dan kolom.
2. Satuan standar penyimpanan dalam memori.

Cell Pointer
Dalam Microsoft Excell berarti tanda di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.

CELP (Code Excited Linier Predictive)
Metode pengompresan suara hingga mencapai rasio tinggi guna menghasilkan kualitas audio yang baik.

Centralized Operation
Metode pengiriman data yang semua pengiriman pesan harus melalui stasiun pusat. Umumnya berhubungan dengan sistem multidrop.

Centronics Interface
Standar nyata bagi pengiriman data pararel digunakan untuk menetapkan printer yang dibuat oleh Centronics Corp.

CERN
Laboratorium Fisika Partikel Eropa, pengembang Worl Wide Web.

Certificate
Data yang diperlukan browser untuk mengacak daya yang akan dikirim melalui SSL.

CGA (Color Graphics Adaptor)
Salah satu tipe monitor, yaitu standar Ibm untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna.

CGI (Color Graphic Interface)
Program komputer yang menjembatani program aplikasi dengan halaman Web.

CGI (Common Gateway Interface)
Satu set peraturan yang menerangkan bagaimana sebuah Web Server berkomunikasi dengan bagian-bagian lain dari mesin yang sama, dan sebaliknya. Setiap bagian dari sebuah software bisa jadi adalah sebuah program CGI, jika tugasnya adalah mengatur input dan output berdasarkan standard CGI.

Chace
Sebutan untuk kartu grafik seperti VGA card.

Chainning
Proses kerja komputer yang bersambung dalam serangkaian segmen. Apabila sebuah program terlalu besar masuk dalam memori, program harus ditulis dalam beberapa segmen. Komputer akan bekerja dalam satu segmen setiap satu waktu sampai selesai, hasilnya akan dibawa ke segmen berikutnya. Demikian seterusnya sampai program selesai diolah.

Chameleon
Software yang memuat program aplikasi yang dibutuhkan untuk akses ke Internet.

Change Case
Dalam Ms-Word adalah perintah untuk mengganti bentuk huruf naskah yang diblok.

Channel
Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.

Channel Service Unit
Sebuah alat pemroses sinyal digital yang berfungsi sebagai filter bagi sinyal yang dikirim ataupun diterima, sebagai buffer antara komputer pengguna danWAN, dan melakukan testing pada transmisi digital sehingga mencegah kesalahan dan kegagalan proses transmisi.

Character
Sekelompok kecil bit yang pengaturannya memberikan arti tertentu.

Character Oriented Protokol
Jenis protokol data link yang menggunakan kode tertentu yang sudah disepakati untuk mengirimkan informasi serta mengendalikan transmisi.

Charisma Engine II
Merupakan fixed function T&L-engine. Radeon 8500 T&L-engine dapat memiliki tenaga yang mampu memproses sekitar 60 juta segitiga per detik.

Character Set
Semua huruf dan simbol-simbol yang digunakan oleh sebuah peralatan atau bahasa komputer.

Chat
Layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini biasanya bisa melalui sebuah situs atau dengan meng-install sebuah aplikasi khusus untuk ber-chat-ria. Biasanya layanan ini digunakan untuk ajang kenalan, mencari teman baru, hingga menjadi solusi komunikasi yang murah dan mudah.

CHDIR
Perintah untuk pindah atau mengaktifkan direktori dalam lingkungan sistem operasi DOS. Penulisan perintah ini sering disingkat dengan “cd” diikuti nama direktori tujuan.

Check Box
Digunakan dalam form agar dapat memilih satu atau beberapa pilihan yang tidak eksklusif dalam list.

Check Digit
Sebuah angka yang dipakai dalam proses pemeriksaan.

Check Sum
Nilai perhitungan yang berdasarkan pada isi sebuah blok data dan nilai tersebut akan dikirim bersama blok data. Ketika sebuah blok data panjang ditransmisikan ke sebuah komputer, karakter tambahan mengindikasikan jumlah bit total yang sering terlacak. Komputer tetap menjalankan penghitungan dan apabila hasilnya tidak sesuai dengan check sum berarti telah terjadi kesalahan.

Check Point
Status yang menunjukkan panjangnya suatu program berlangsung yang umumnya akan disimpan setiap beberapa waktu sekali.

Check Register
Register yang bertugas memeriksa keakuratan proses pengiriman dengan cara membandingkan pengiriman pertama dan pengiriman kedua sebuah data yang sama.

Chip
Bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri.

Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.

ChkDSK
Program untuk mengecek keadaan dan isi dari sebuah disk dalam sistem operasi DOS. Sebelumnya harus memiliki file CHKDSK.EXE dahulu.

CIF (Common Intermediate Format)
Standar format video yang digunakan dalam video conferencing. Format CIF ditentukan oleh resolusi dan standar resolusi horisontal dan vertikal original. CIF dikenal juga dengan nama Full CIF (FCIF).

CIM (Computer Integrated Manufacturing)
Konsep penggabungan sistem komputer untuk membantu pengawasan proses perakitan.

Circuit Board
Sebuah papan sirkuit lengkap dengan komponen elektronik yang diletakkan dan disolder pada tempatnya.

Circuit Switched Network
Model komunikasi yang jalur komunikasi tujuan untuk pengiriman paket-paket data/informasi sudah dibangun antara dua host.

Clear
Proses untuk mengatur isi register flag atau lokasi memori ke posisi nol.

Click
Istilah untuk mewakili pemilihan obyek/menu dengan menekan salah satu tombol mouse.

Client
Pada jaringan, client adalah sebuah software aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server.

Client-Server
Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer ) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya (server atau mainframe).

Client
Sebutan untuk mengatur komputer dalam jaringan (node/simpul) yang mengambil data/informasi dari komputer lain (server).

Clip art
Koleksi gambar dan animasi yang bisa langsung dimasukkan ke aplikasi office.

Clipboard
Alokasi tempat dalam memori yang disediakan sistem operasi Windows sebagai tempat penampungan sementara teks/obyek yang dikenai operasi penyalinan atau pemindahan (operasi copy dan cut).

Clipper
Bahasa pemrograman di bawah sistem operasi DOS, ditujukan khusus bagi pembuatan program untuk menangani file dan database.

Clock
Sumber utama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakan untuk menyamakan operasi semua elemen komputer.

Clock Pulse
Pulsa elektronik yang dipancarkan secara terus menerus untuk mensinkronkan kerja komponen di dalam komputer.

Clock Rate
Batas kecepatan pengiriman karakter satu komputer ke komputer lain.

Close
Perintah untuk menutup sebuah file sehingga tidak dapat dibaca oleh suatu program ataupun pengguna komputer.

Closed Architecture
Sebuah rancang bangun komputer yang hanya cocok dengan hardware dan software dari satu perusahaan komputer (vendor) saja.

Closed User Group
Sekumpulan pengguna komputer yang memakai sistem khusus pada sebuah jaringan.

CLS (Clear Screen)
Perintah untuk membersihkan layar dalam lingkungan DOS.

Cluster
Pengelompokkan item/alat-alat menjadi saling berhubungan.

Cluster File
Penyusunan sekelompok record sehingga masing-masing record yang punya kesamaan identifier akan dikumpulkan jadi satu.

Clustering
Proses untuk mengelompokkan suatu item berdasarkan kesamaan karakteristik.

Cluster Virus
Virus yang memodifikasi entry dari direktori tabel sehingga virus ini akan aktif, sebelum program-program yang lain. Kode virus ini hanya terdapat pada satu lokasi tetapi bisa menginfeksi seluruh program yang terdapat pada komputer yang diserangnya.

CMIP (Common Management Information Protocol)
Sebuah protokol pengatur jaringan yang memenuhi standar ISO, biasanya dihubungkan dengan OSI.

CMOS (Compelementary Metal Oxide Semiconductor)
RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOS digunakan untuk menyimpan program konfigurasi, program diagnostik dan informasi tanggal dan waktu pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

CMOT (Common Management Information Protocol Over TCP/IP)
Kemampuan CMIP untuk mengatur TCP/IP jaringan Internet.

CMYK
Singkatan dari empat komponen warna : cyan (C), magenta (M), yellow (Y) dan black (K).

CNC (Computer Numerical Control)
Suatu cara mengontrol kerja mesin menggunakan pita yang dibuat oleh sistem komputer.

CNI (Coalition for Networked Information)
Dewan bentukan American Research Libraries, EDUCom, dan CAUSE. CNI ini ditujukan untuk memacu kemajuan pengetahuan dengan menyediakan sumber-sumber informasi lewat jaringan komputer.

Coaxial Cable
Jenis kabel dengan inti dari tembaga dan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain, diantaranya terdapat isolator. Memiliki kemampuan membawa data dengan kecepatan tinggi, dapat memuat bandwith tinggi dan tahan terhadap gangguan (noise). Kabel koaksial dianggap memenuhi standar IEEE/ISO sebagai media transmisi pada sistem jaringan komputer.

COBOL
Bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk menangani aplikasi bisnis dan pemrosesan data. COBOL sangat baik untuk menangani file.

CODASYL (Conference of Data System Languages)
Organisasi yang memformulasikan aturan-aturan baku pada COBOL dan DBMS.

Code
1. Metode untuk menggambarkan simbol dalam bit biner (dalam sistem ASCII ataupun BCD).
2. Istilah untuk baris perintah yang ditulis programmer dalam pembuatan sebuah program komputer.

Code-Decoder
Alat yang mengubah data analog menjadi aliran bit-bit digital dan mengubah sinyal digital menjadi data analog.

Coding Sheet
Lembaran kertas yang dicetak secara khusus untuk membantu programmer menulis program di atasnya.

COGO
Nama sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diperuntukkan bagi pembuatan program penghitungan bidang teknik, khususnya teknik sipil.

Cold Boot
Istilah untuk men-start komputer dengan merotasi daya. Cold boot menggunakan sebuah rescue disk (floppy disk kosong berisi boot instructions dan kemampuan men-scan virus). Cold boot ini umunya diperlukan untuk membersihkan infeksi virus pada boot sector.

Cold Start
Sebuah program pemberi masukan pengenalan. Program ini akan memberi tanda pengenal pada hardware, membersihkan buffer dan daerah kerja, mengatur pointer serta menyiapkan semua peralatan sebelum melakukan tugas penting.

Collating Sequence
Semua simbol dan huruf yang digunakan oleh komputer akan diberi nilai numerik. Nilai tersebut akan digunakan komputer ketika mengurutkan nama. Collating sequence terdiri dari semua huruf, angka dan simbol yang diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Colocation
Salah satu tipe utama dalam layanan hosting, yaitu meletakkan equipmentnya sendiri satu lokasi dengan penyedia jasa hosting. Server bisa dipilih dan ditentukan sendiri, mengatur dan menginstall software-software yang diperlukan dan kemudian meletakkannya di dalam lingkungan dan fasilitas penyelenggara jasa hosting. Colocation adalah cara yang paling mendekati keadaan seolah-olah memiliki staff atau bagian yang mengelola servernya sendiri.

Color Depth
Color depth merujuk pada jumlah warna yang ditampilkan di monitor oleh video card. Semakin banyak warna yang digunakan, semakin realistis tampilan yang dapat dilihat. Seperti gambar yang didapat dari foto, merubah color depth komputer dapat meningkatkan kualitas gambar, namun dapat juga tidak apabila foto itu sendiri terbatas pada jumlah warna tertentu. Angka-angka yang menunjukkan color depth biasanya adalah 256 warna, 16 bit (65.000 warna), 24 -bit, dan 32-bit (jutaan warna). 24-bit dan 32-bit sangat sulit untuk dibedakan, akan tetapi 16-bit dan 256 warna akan menampilkan perbedaan kualitas yang menyolok.

Collision
Peristiwa hilangnya data karena dua peralatan mengirimkan data secara berurutan.

Com
Singkatan dari Communications atau sering disebut serial port, yaitu komponen yang menghubungkan CPU dengan printer, modem dan alat lainnya.

COM (Computer Output Microfilm)
Peralatan ini terdiri dari sebuah kamera yang mengambil gambar dari layar monitor dan merekam hasilnya dalam segulung teks mikrofilm.

Command
Sebutan untuk kata-kata yang meminta komputer melaksanakan sesuatu tugas.
Command Control Block (CCB)
Suatu kendali blok untuk jenis LAN IBM, CCB dapat digunakan untuk menanyakan fungsi yang didefinisikan oleh Direct Interface.

Command File
File yang berisi program atau sejumlah instruksi untuk pelaksanaan beberapa perintah DOS.

Command Level
Tingkat kemampuan seseorang untuk memberikan perintah dalam pengendalian sistem komputer.

Comments
Catatan atau komentar yang diletakkan programmer diantara perintah/kode program yang ditulis. Catatan atau komentar tersebut akan diabaikan oleh komputer ketika proses kompilasi. Fungsinya sekedar membuat program mudah dimengerti.

Commission
Komisi yang diberikan merchant. Setiap merchant memberikan komisi yang berbeda-beda, ada persentase dari penjualan yang terjadi via site, CPC, CPL, dan lain-lain.

Communication Architecture
Rancang bangun suatu hardware atau software yang menerapkan fungsi-fungsi komunikasi.

Communication Channel
Media yang akan dilalui data/informasi pada proses transmisi dalam suatu sistem komunikasi.

Communication Line
Penghubung fisik antar terminal-terminal ke sebuah unit pengendali komunikasi dan menghubungkan satu unit pengendali komunikasi dengan yang lainnya.

Communication Network
Sejumlah unit fungsional yang saling dihubungkan dan memungkinkan unit-unit dalam jaringan saling berkomunikasi, tukar menukar data dan informasi.

Comparator
Komponen elektronik yang bertugas membandingkan dua nilai kemudian memberikan hasilnya, mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil.

Compare
Perintah dalam komputer yang secara efektif membandingkan dua hal dan menentukan yang lebih besar diantaranya.

Compatible
Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan. Misalnya IBM compatible berarti dapat bekerja seperti komputer IBM.

Compatible Communication Architecture (CCA)
Protokol yang dipakai untuk mentransfer data asynchronous melalui jaringan X-25.

Compiler
Program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.

Component
Istilah untuk menyebut bagian dari sistem komputer termasuk papan memori, papan sirkuit dan sebagainya.

Compress
Proses pemampatan ukuran suatu file dengan jalan menghilangkan informasi-informasi ganda yang ada.

Compressed
Kompresi, cara untuk membuat file lebih kecil dengan memperhatikan pola 1 dan 0 yang membentuk program.

Computer
Alat bantu pemrosesan data secara elektronik dan cara pemrosesan datanya berdasarkan urutan instruksi atau program yang tersimpan dalam memori masing-masing komputer.

Computer Card
Sebuah papan sirkuit plug in yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan komputer.

Computer Graphics
Pengolahan data dan penyajian hasil dalam bentuk grafis/gambar, bisa berbentuk diagram (chart), gambar (image), foto, lukisan (paint). Alat bantu berupa mouse, scanner, light pen dan papan plot.

Computerization
Pemakaian komputer sebagai alat bantu penyelesaian tugas sebagai pengganti penyelesaian pekerjaan secara manual.

Computer Languages
Perintah-perintah yang hanya dimengerti oleh komputer, yaitu terdiri dari serangkaian karakter 1 dan 0. Disebut juga bahasa mesin.

Computer Literacy
Pengetahuan tentang penguasaan penggunaan komputer untuk menyelesaikan suatu masalah.

Computer Network
Sistem jaringan kerja komputer, terdiri dari dua atau lebih komputer dan alat pendukung lain yang saling berhubungan melalui saluran komunikasi.

Computer Operator
Orang yang menggunakan komputer di tingkat pemakaian. Tugasnya hanya memasukkan data ke dalam sebuah program aplikasi yang sudah disediakan.

Computer Science
Nama lain dari ilmu komputer. Titik berat dari ilmu ini adalah memanfaatkan komputer untuk memecahkan masalah yang ada di dunia nyata.

Computing System
Unit pemrosesan utama yang terdiri dari alat penyimpan utama (main memory), saluran masukan dan keluaran, unit kontrol, peralatan penyimpan akses langsung (RAM) dan peralatan masukan dan keluaran (I/O device).

Concatenation
Operasi dua komputer yang mengambil dua string dan menggabungkannya, membuat sebuah string panjang di sekelilingnya.

Concentrator
Alat untuk mengumpulkan data dari beberapa jalur lokal dan mengirimkannya melalui jalur data tunggal berkecepatan tinggi.

Concrete Interface
Penjelasan spesifik antarmuka yang dipakai, misalnya spesifikasi suatu Application Programming Interface (API), spesifikasi kabel atau konektor.

Concurent
Kemampuan mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan.

Concurent Real Time Processing
Kemampuan komputer untuk melaksanakan beberapa tugas dari beberapa program dengan waktu yang bersamaan. Masing-masing proses secara khusus akan dihubungkan dengan time frame.

Concurent Operational Control
Kemampuan komputer untuk mengendalikan pemrosesan beberapa tugas dari beberapa program dalam waktu yang bersamaan.

Conditional Branch
Perintah dalam program yang mengakibatkan beberapa alamat akan digunakan sebagai dasar untuk mendapatkan perintah selanjutnya.

Conditional Breakpoint
Titik henti proses komputer yang sengaja diciptakan dengan cara men-set sebuah saklar.

Conditional Statement
Menyebabkan komputer mengecek suatu nilai dan memakai hasilnya sebagai dasar untuk memilih di antara beberapa alternatif kegiatan. Disebut juga IF statement.

Configure
Memberi beberapa informasi kepada pengguna, misalnya informasi memori yang masih tersedia, informasi urutan alat input dan output yang terhubung dalam sistem.

Configuration
Metode penyusunan sistem atau bagian dari sistem berdasarkan sejumlah kemungkinan.

Configuration Management
Lapisan dalam pengelolaan jaringan model OSI, bertugas untuk melakukan pemeriksaan status jaringan dan menghubungkan pengelolaan aplikasi jaringan serta akses dari pengguna yang bersangkutan.

Congestion
Kondisi yang terjadi akibat pemanggilan suatu layanan yang melebihi kapasitas yang dapat diterima sebuah jalur komunikasi data.

Connectionless
Suatu jenis komunikasi antar unit dalam jaringan yang transmisinya dilakukan tanpa pembentukan hubungan pendahuluan.

Connectionless Data Transfer
Sebuah protokol yang digunakan untuk mengadakan pertukaran data secara spontan dan tidak mendahulukan salah satu pengaturan manapun.

Connectionless Network Protocol (CLNP)
Protokol milik OSI yang menyediakan layanan jaringan Connectionless dibuat mirip dengan protokol Internet.

Connectionless Transport Protocol (CLTP)
Protokol yang memiliki kemampuan memberi alamat transportasi data serta pendeteksian kesalahan.

Connection Oriented
Bentuk hubungan antar unit dalam jaringan yang komunikasinya dilakukan secara bertahap. Tahap pembentukan hubungan, tahap pengiriman data dan tahap pelepasan hubungan.

Connection Oriented Data Transfer
Protokol untuk mengadakan pertukaran data dengan membangun hubungan antar titik terlebih dahulu.

Connectivity
Kemampuan komputer untuk berkomunikasi maupun terhubung dengan berbagai rancang bangun yang berbeda dalam satu jaringan tertentu.

Continuous Form
Sejenis kertas khusus untuk komputer, yaitu format kertas yang bersambung dan berlubang kedua sisi sampingnya.

Constant
Menunjuk pada semua angka atau nilai yang tidak dapat diubah.

Contention
Keadaan yang diakibatkan pemakaian satu saluran komunikasi oleh lebih dari satu stasiun pada saat yang bersamaan.

Contents
Informasi-informasi yang terkandung di dalam suatu register komputer.

Control Character
Karakter yang tidak akan terlihat tetapi memiliki arti khusus untuk peralatan tertentu atau bisa juga sebagai batas dalam proses transmisi data.

Control Card
Card/papan sebagai antarmuka yang menghubungkan CPU dengan peralatan lain.

Control Key
Tombol keyboard ketika ditekan bersama tombol lain akan menghasilkan karakter kontrol.

Control Unit
Bagian dari CPU yang menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer.

Controller
Alat tambahan yang dapat mengatur operasi dari peralatan yang ada di bawah pengaturan komputer.

Convert
Perintah untuk mengubah suatu file menjadi format yang berbeda agar dapat dibaca oleh aplikasi yang bersangkutan.

Cookie
Informasi dalam bentuk teks yang dipertukarkan oleh client dan server (yang membuat cookie ini adalah server). Di dalam cookie terdapat informasi nama server yang memberikan, path cookie, isi cookienya dan tanggal kadaluarsanya.

Cooltalk
Software untuk percakapan melalui Internet dan chatting yang ditawarkan oleh perusahaan Insoft, dengan fasilitas percakapan on-line, text chat, penjawab pesan, dll.

Cooper Distribute Data Interface (CDI)
Model lain dari standar FDDI yang sengaja dirancang untuk kabel twisted pair.

Coprocessor
Chip mikroprosessor yang secara khusus berfungsi membantu CPU menyelesaikan pengolahan data yang memakan waktu lama.

Copy
Perintah untuk menyalin obyek, misalnya gambar, teks atau file ke dalam media penyimpan lain.

Copy Con
Perintah untuk membentuk sebuah file baru dalam lingkungan DOS.

Copy Protection
Pengamanan terhadap isi disk agar tidak dapat disalin (di copy).

Core Gateway
Sekumpulan gateway yang dikendalikan oleh pusat operasi jaringan Internet di Bolt Beranek and Newman (BBN).

Core Storage
Suatu bentuk media penyimpan magnetik yang terdiri dari inti-inti magnetik.

Corel
Perusahaan pembuat software aplikasi grafis seperti CorelDRAW.

Corporation for Open System (COS)
Sebuah kelompok pengguna dan vendor yang melakukan serangkaian pengujian kelayakan, pemberian sertifikat serta mengenalkan produk-produk OSI.

COSINE (Cooperation for Open System Interconnection Networking in Europe)
Program penggalakkan penggunaan OSI bagi semua jaringan penelitian di seluruh negara di Eropa, diprakarsai oleh European Commision.

Counter
Sebuah script (program) yang menghitung jumlah pengunjung website secara otomatis.

CPI (Character Per Inch)
Satuan untuk mengukur kerapatan huruf dalam suatu naskah, diukur dari banyaknya karakter per satu inchi. Pada teks normal terdapat 10 karakter per inchi.

CPS (Character Per Second)
Satuan untuk mengukur kecepatan pengiriman data dalam sistem komputer. CPS dapat dijadikan sebagai satuan pengukur kecepatan printer.

CPU (Central Processing Unit)
Pusat pengolahan masukan sehingga menghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semua register, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb.

Cracker
Orang yang memaksa masuk ke satu sistem komputer secara ilegal. Terkadang cracker mengganggu dan menimbulkan kerusakan pada sistem yang dimasuki.

Crash
Istilah untuk menggambarkan sistem komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja karena adanya masalah dan harus di-boot ulang.

CRC (Cyclic Redudancy Check)
Sebuah system error checking yang dipergunakan dalam proses transmisi yang berfungsi mendeteksi jika data yang diterima mengalami perubahan. Sebuah angka dikalkulasi berdasarkan data asli (original), proses transmisi, data akhir yang diterima. Jika kalkulasi itu berbeda, maka telah terjadi perubahan data.

CREN (Corporation of Research & Educational Networking)
Merupakan jaringan kerja hasil penggabungan dari BITNET dan CSNET.

Cross-post
Mem-posting pesan yang sama pada newsgroup yang berbeda umumnya dikirim tanpa membubuhkan subjek.

Cross Reference
Notasi/daftar dalam file yang menunjukkan bahwa sebuah data telah tersimpan di suatu tempat.

Crosstalk
Gangguan dalam proses pengiriman data/informasi antar stasiun berupa masuknya sinyal yang tidak diinginkan dari jalur yang terletak berhimpitan. Sering terjadi pada pengiriman jarak jauh atau sinyal berfrekuensi tinggi.

CRT (Catoda Ray Tube)
Teknologi yang dipakai untuk membuat sistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabung sinar katoda.

CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance)
Media kendali akses dengan kemampuan membuat setiap sistem akan memantau carrier selama proses transmisi. Ketika proses pentransmisian data/informasi selesai, masing-masing sistem akan berhenti untuk sementara waktu. Bila tidak terdapat sistem lain yang memulai transmisi, sistem yang telah lewat waktu tunggunya dapat memulai pengiriman kembali.

CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection)
Media kendali akses dengan kemampuan melakukan transmisi ulang bila terjadi tumbukan.

CSNET (Computer Science Network)
Sebuah jaringan layanan e-mail ditujukan untuk para pengguna yang ingin mendalami ilmu komputer. CSNET membentuk CREN bersama BITNET.

Current Mode Transmission
Model pengiriman data dengan cara alat transmisi (transmitter) menggunakan arus listrik ke kedua konduktor kabel twisted pair secara bergantian sehingga terbentuk nilai 1 dan 0.

Cursor
Tanda yang dipakai di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.

Cursor Controller
Alat untuk memindahkan kursor ke seluruh layar monitor, dapat pula digunakan untuk menggambar atau memilih item menu. Misalnya, mouse.

CU-SeeMe
Software yang digunakan untuk mengadakan konferensi video secara on-line melalui Internet.

Custom
Pengubahan konfigurasi dari suatu instalasi dengan dialog box dan memberikan kesempatan kepada kita untuk memilih.

Customer Support Page
Lembaran dalam dokumen Web yang berisi bantuan pemakaian bagi pengguna Internet yang mengakses Web yang bersangkutan.

Customize
Pengaturan ulang yang dilakukan oleh pengguna pada software yang bersangkutan.

Cut
Menghilangkan sebuah obyek (teks atau gambar) dari layar monitor dan menyimpannya ke dalam clipboard.

CWIS (Campus-Wide Information System)
Sistem yang berfungsi untuk menyediakan informasi secara elektronik melalui jaringan bagi sebuah kampus atau universitas.

Cyber Cafe
Istilah untuk menggambarkan area terbuka untuk semua pengguna dalam Internet.

Cybermetics
Ilmu yang mempelajari komunikasi dan pengendalian dalam sistem penanganan informasi.

Cyberspace
Istilah yang berhubungan dengan kumpulan komputer yang data elektroniknya dapat diakses. Jika komputer berhubungan dengan Internet atau jaringan besar lainnya, maka komputer yang bersangkutan merupakan bagian dari cyberspace. Istilah cyberspace dikenalkan pertama kali oleh seorang pengarang William Gibson dalam novelnya Neuromancer.

Cyberpunk
Orang (baik amatir maupun profesional) yang percaya bahwa orang biasa (siapa saja) berhak menggunakan teknik enkripsi (encryption technique) untuk mengkode (encrypt) data atau berita (message) sehingga hanya orang yang dituju yang dapat membaca berita dari data tersebut.

Cycle Stealling
Menunda operasi CPU untuk sebuah siklus operasi dalam urutan untuk memberi waktu menyelesaikan beberapa proses yang lamban.

Cycle Time
Waktu yang dibutuhkan CPU untuk melalui satu kali operasi secara lengkap.

Cyclic Redudancy Check
Pengecekan proses transmisi berorientasi bit. Blok pesan akan dianggap sebagai deret bit yang dikirim. Bit-bit tersebut akan dimasukkan dalam generator CRC. Deretan bit tersebut lantas dikenai operasi matematis. Hasil perhitungan saat bit dikirim dan diterima akan menentukan ada tidaknya kesalahan dalam pengiriman.

Cylinder
Serangkaian track yang tergabung dalam sebuah disk. Terdapat banyak pusat silinder sebagai track di atas satu disk.

0 komentar:

Posting Komentar