Pages

Subscribe:

Senin, 16 Mei 2011

Bagian-bagian Keyboard


Keyboard atau papan ketik adalah sarana untuk kita memasukkan perintah dan atau tulisan ke komputer. Susunan tombol-tombol huruf pada keyboard mengacu pada susunan tombol mesin ketik.
Susunan tombol ini dikenal dengan QWERTY yaitu mengambil dari susunan tombol huruf dari kiri paling atas dibawah angka. Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin ketik buatan E. Remington pada tahun 1874.
Keyboard

Keyboard
Bermula dari ditemukannya papan ketik pada tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada 1868. Pada awalnya susunan tombol huruf pada mesin ketik tradisional dibuat urut dan nyaman saat mengetik. Namun hal ini menyebabkan pemakai dapat mengetik dengan cepat dan berakibat rusaknya pengait-pengait karakter karena sering tersangkut.

Untuk mengatasi hal ini muncul pemikiran untuk memperlambat penekanan tombol oleh pemakai, dan yang menjadi pilihan solusi tersebut adalah diacaknya tombol-tombol huruf sehingga menjadi susunan QWERTY seperti sekarang ini.
Selain tombol huruf dan angka, keyboard komputer dilengkapi dengan 12 tombol Fungsi (F1 – F12) yang terletak diposisi paling atas. Fungsi-fungsi ini bertujuan sebagai jalan pintas yang mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer.

Tata letak Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY

Fungsi-fungsi tombol pada keyboard:
1. ENTER
Berfungsi memasukkan perintah yang sudah ditulis untuk dijalankan komputer, dan pada mode ketik berfungsi membuat ganri baris. ENTER adalah tombol keyboard yang paling populer.
2. ESC
Berfungsi kebalikan dari ENTER yaitu keluar program atau tidak jadi memasukkan perintah.
2. Caps Lock
Berfungsi mengunci fungsi tombol huruf dari huruf kecil menjadi huruf besar/huruf kapital dan sebaliknya.
3. Num Lock
Berfungsi mengaktifkan tombol angka disebelah kanan (selain tombol angka yang brada diatas tombol huruf). Biasanya sangat bermanfaat untuk penggunaan yang berhubungan dengan angka seperti KASIR.
4. Scroll Lock
Berfungsi mengunci layar agar tidak menggulung saat ditekan tombol up, down, left, dan right. Pada Excel tombol scroll lock berfungsi mengunci kursor pada satu cell agar tidak dipindah jika ditekan tombol up, down, left, dan right.
5. SHIFT
Berfungsi mengubah fungsi tombol keyboard menjadi fungsi lain (fungsi sekunder). contoh mengubah huruf kecil ke huruf besar sementara saat shift ditekan dan mengubah fungsi tombol 1 menjadi tombol !.
6. CTRL
Berfungsi melakukan sebuah fungsi program sesuai dengan tombol kombinasinya. Jadi Ctrl tidak berfungsi jika hanya ditekan sendiri. Contoh: Ctrl+S menjadi fungsi Save pada ms.word.
7. ALT
Berfungsi hampir sama dengan CTRL namun lebih khusus dalam memilih fungsi program bukan menjalankan fungsi program. Contoh: ALT+F berfungsi memilih fungsi File dan untuk menjalankannya harus menekan ENTER.
8. TAB
Berfungsi mengatur tabulasi teks pada halaman.
9. DEL
Berfungsi menghapus obyek, pada mode ketik berfungsi menghapus huruf dari depan ke belakang.
10. BACK SPACE
Pada mode ketik berfungsi menghapus huruf dari belakang ke depan.
11. HOME
Berfungsi menempatkan kursor ke posisi awal baris atau awal layar (atas).
12. END
Berfungsi menempatkan kursor ke posisi akhir baris atau akhir layar (bawah).
13. INS
Singkatan dari insert, berfungsi untuk mengaktifkan mode sisipan teks ditengah-tengah kalimat.
14. PAUSE/BREAK
Berfungsi menghentikan fungsi komputer sementara (pause=berhenti play). Biasanya dipakai melihat error pasa saat komputer pertama kali hidup.
15. PRINT SCREEN
Berfungsi mencetak layar. pada mode DOS, berfungsi mencetak cepat apa yang ada di layar, dan pada windows berfungsi meng-capture layar/mempotret layar ke dalam clipboard. Untuk mengambil hasil jepretan PRINT SCREEN bisa masuk ke aplikasi PAINT lalu klik PASTE.
16. PAGE UP/PAGE DOWN
Berfungsi mengatur posisi layar ke atas dan ke bawah per halaman.

0 komentar:

Posting Komentar