Pages

Subscribe:

Rabu, 04 Mei 2011

Istilah-istilah dalam Komputer Dan Informatika (Entri B)

B&W (Black and White)
Tampilan suatu obyek dalam warna hitam dan putih saja. Dalam Lotus 123, perintah ini akan mengembalikan grafik berwarna menjadi grafik hitam putih lagi.

Backbone
Jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di sistem jaringan komputer.

Backbone Network
Sistem sambungan utama dari jaringan terdistribusi dengan struktur hirarki.

Background
Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman Web.
Back Orifice
Program yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh The Cult of the Dead Cow (cDc). Back Orifice merupakan tool remote admnistration, tetapi keberadaannya bisa disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif. Jika dimanpaatkan seorang hacker, maka ia bisa mengambil alih kontrol sepenuhnya atas komputer korban. Selain itu, back orifice juga bisa dipakai untuk mencuri data dan e-mail dari komputer korban. Program ini merupakan extensible program yang bisa dirubah dan dikembangkan setiap saat.

Backing Storage
Alat penampung data dalam komputer yang kemampuan simpannya lebih besar daripada penyimpan data utama, namun memiliki kecepatan yang lebih rendah.

Backoff Delay
Lamanya waktu tunggu suatu medium control acces di sebuah terminal dalam jaringan berbentuk CSMA/CD, sebelum melakukan pengiriman kembali sebuah frame setelah terjadinya suatu tumbukan.

Backplane
Sebuah panel dimana sebuah papan sirkuit dalam sebuah peralatan plug dimasukkan; termasuk juga semua kabel yang saling menghubungkan sirkuit.

Backslash
Tombol keyboard bersimbol ‘\’; tombol ini sering dipakai saat bekerja dengan direktori.

Backspace
Tombol keyboard bersimbol ‘??’ yang terletak di atas tombol Enter. Berfungsi untuk menghapus satu karakter sebelum kursor saat ini.

Backup
Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.

Backus Normal Form (BNF)
Sebuah notasi resmi yang digunakan untuk mendefinisikan syntax dari suatu bahasa komputer.

Backward Supervision
Pengawasan sinyal dalam transmisi data yang dikirimkan dari sebuah terminal pembantu ke terminal induk.

Bad Block Table
Sebuah daftar dalam harddisk yang berisi lokasi block dalam disk yang rusak dan tidak dapat dipakai untuk menyimpan data. Sering pula disebut media detect line.

Balance Error
Kesalahan tegangan yang diakibatkan oleh hasil penjumlahan analog dalam komputer analog dan berbanding lurus dengan kesalahannya.

Balanced Error
Batas toleransi antara kesalahan minimal dan kesalahan maksimal yang dapat diterima. Umumnya bernilai sama atau berlawanan tanda (positif dan negatif), kebanyakan bernilai nol.

Balanced Transmission
Metode transmisi dengan cara mengirimkan sinyal ke dalam bentuk arus listrik yang akan dikirim lewat sebuah konduktor. Sinyal tersebut kemudian akan dikembalikan melalui konduktor yang berbeda.

Bandwith
Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit

Bang Path
Sekumpulan nama alat-alat yang dipakai untuk mengarahkan e-mail dari pengguna ke pengguna lainnya.

Banner
Bagian yang tidak bergerak dalam dokumen Web sekalipun kita menggulung scrollbar sampai ke akhir dokumen. Sekarang ini hanya Internet Explorer yang mendukung perintah banner.

Bar Code
Karakter numerik yang ditampilkan dalam bentuk balok-balok dengan bermacam-macam ketebalan.

Bar Code Scanner
Alat yang mampu membaca balok-balok bar code ke dalam bentuk alfanumerik.

BASCOM (Basic Compiler)
Program yang menterjemahkan program BASIC berakhiran .BAS menjadi file .EXE yang dapat dieksekusi.

BASE
Dasar dari sistem angka, merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh, dasar dari sistem biner adalah dua, dasar dari sistem oktal adalah delapan, dasar dari sistem heksadesimal adalah enambelas, dst.

Base Band
Semacam kanal yang menggunakan jalur komunikasi yang hanya membawa satu sinyal dalam satu waktu. Misalnya penggunaan jalur telepon sebagai sarana pengirim data antar komputer yang terletak saling berjauhan.

Bash (Bourne Againt Shell)
Shell yang digunakan dalam Unix dan klonenya seperti Linux. Bash merupakan shell yang digunakan sebagai default shell oleh RedHat Linux. Hal ini ditandai dengan simbolik link dalam directory sh yang digunakan untuk menjalankan bash shell. http://www.gnu.org/manual/bash-2.02/

BASIC
Bahasa pemrograman yang berjalan di bawah sistem operasi DOS, dirancang untuk digunakan para programmer pemula dari terminal interaktif. Versi BASIC ada bermacam-macam, antara lain BASICA, Turbo Basic dari Borland dan Quick Basic dari Microsoft.

Basic Access Method
Suatu metode pengaksesan di mana setiap pernyataan input maupun output mengakibatkan mesin yang dituju dapat melaksanakan perintah yang dimaksud.

Basic Encoding Rules
Sejumlah aturan baku untuk melewati pengkodean unit data.

Basic Instruction
Perintah dalam program komputer yang diubah secara teratur oleh program untuk memperoleh instruksi yang akan dilaksanakan saat ini.

Basic Linkage
Alat bantu untuk menghubungkan rutin atau program dengan rutin lainnya dan dapat dipergunakan terus menerus dengan aturan yang sama.

Basic Mode
Pengiriman data yang memungkinkan model operasinya tidak menggunakan kontrol karakter ANSI.

Basic Software
Software yang dibuat oleh pabrik pembuat hardware untuk membantu pengolahan data dengan hardware yang bersangkutan.

Batch
Sejumlah record atau data yang digabungkan dan diproses sedemikian rupa menjadi satu kesatuan.

Batch File
Merupakan file-file batch dengan akhiran .BAT yang dapat dipanggil melalui DOS seperti halnya file berekstensi .EXE atau .COM.

Batch Processing
Proses pengolahan data dengan cara menumpuk pekerjaan dan nantinya akan dikerjakan sekaligus. Batch processing merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan waktu komputer. Namun untuk mengembangkan program komputer, cara batch sangat tidak efisien.

Batch Total
Jumlah keseluruhan dari suatu besaran dalam sebuah batch. Batch Total digunakan untuk menentukan ketepatan suatu operasi batch.

Baterai CMOS
Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply.

Baud
Satuan kecepatan sinyal digital, yaitu batasan yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kecepatan transmisi data. Biasanya dihitung dalam bit per detik.

Baud Rate
Jumlah bit (digit biner) yang bisa dikirim oleh sebuah komputer per detik.

BBS (Bulletin Board Service)
Suatu layanan komputer yang bisa diakses dengan modem, biasanya dikelola oleh suatu perusahaan atau distributor yang menggunakan komunikasi komputer dua arah, untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program, untuk keperluan tanya-jawab dan akses informasi serta menerima dan menyebarluaskan pengumuman-pengumuman perusahaan dan sebagainya.

BCC (Block Check Character)
Suatu karakter khusus yang terdapat pada tiap blok yang dibentuk dari bit uji pada proses deteksi kesalahan transmisi dengan teknik LRC.

BCD (Binary Coded Desimal)
Sebuah sistem sandi yang umum digunakan untuk menyatakan angka desimal secara digital.

BCS (Block Check Sequence)
Akhir dari deretan bit isi suatu register geser; digunakan untuk melakukan pengecekan kesalahan pada transmisi data antar komputer.

Beaconing
Suatu kondisi yang timbul saat ditemukan keadaan error. Kondisi tersebut mencegah terjadinya komunikasi sepanjang keadaan error belum diatasi.

Beep
Suara yang muncul melalui speaker komputer, umunya menunjukkan adanya kesalahan dalam program yang sedang berjalan. Beep dapat ditambahkan dalam program yang dibuat dengan menyisipkan kode ASCII 7.

Beep code
Sebuah bentuk simbol yang berfungsi untuk menggambarkan atau mewakili sesuatu. Misalnya kebanyakan komputer menggunakan kode ASCII untuk mewakili karakternya.

Begin
Pernyataan dalam bahasa pemrograman yang digunakan untuk menunjukkan awal dari blok program. Semua variabel atau perintah yang ada dalam blok yang diawali Begin dan ditutup oleh End disebut sebagai variabel atau perintah lokal untuk blok tersebut.

Bell Character
Kode pengontrol yang dipakai untuk memperdengarkan audible bell atau tone sebagai alert atau peringatan kepada user ASCII dan EBCDIC 2F.

Benchmark
Aktivitas pengukuran/pembandingan beberapa macam produk yang memiliki fungsi sama, untuk mengetahui tingkatan-tingkatan kualitasnya. Sebuah program bench mark berjalan pada beberapa komputer yang berbeda dalam urutan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan relatif masing-masing komputer.

Benign Virus
Sebutan bagi virus "main-main". Jenis virus ini tidak menyebabkan kerusakan. Gangguan yang ditimbulkannya berkisar dari munculnya tulisan "Peace on Earth" secara acak pada layar monitor, hingga munculnya suara setiap kali sebuah tombol dipencet.

BER (Bit Error Rate)
Jumlah angka kesalahan dari suatu transmisi data antar dua sistem komputer dalam sebuah jaringan.

Beta
Dalam dunia pemrograman software, Beta adalah tahap akhir penyempurnaan software. Software yang masih berstatus Beta dimungkinkan masih memiliki “bug” di dalamnya.

BGP (Border Gateway Protocol)
Sebuah protokol yang menyediakan informasi sasaran yang dapat dijangkau router untuk berkomunikasi antar autonomous system.


Bidirectional Bus
Sebuah bus yang dapat membawa sinyal dalam dua arah. Bus tersebut juga membawa sinyal khusus yang memberitahu peralatan terkait untuk terhubung ke jalur yang sedang dilewati data.

Bidirectional Printing
Sebutan bagi printer yang dapat mencetak dalam dua arah. Setelah mencetak sebaris dokumen dari kiri ke kanan, beberapa printer menghemat waktu dengan mencetak baris berikutnya dari arah yang sebaliknya, yaitu dari kanan ke kiri.

Big Endian
Teknik pengiriman atau penyimpanan data biner dimana most significant bit-nya lebih dahulu diterima.

Big Yellow
Sebuah Web yang berisi sejumlah besar nama-nama perusahaan lengkap dengan alamat dan nomor telepon. Hampir sama dengan halaman kuning buku telepon.

Binary
Sistem penomoran yang digunakan komputer, hanya terdiri dari dua digit, yaitu 1 dan 0. Hal ini disebabkan sirkuit elektronik yang digunakan komputer hanya memiliki dua status on dan off.

Binary Aritmetic Operation
Operasi aritmatika yang menghitung bit-bit berbentuk biner.

Binary Cell
Bagian dari storage komputer yang dapat menampung satu bit informasi dari dua kemungkinan nilai true/false.

Binary File
File yang berisi sejumlah bit, umumnya tidak dapat dibaca manusia; contohnya file program.

Binary Search
Pencarian secara biner, digunakan ketika sebuah komputer harus mencari posisi sebuah simbol dalam daftar urut. Komputer akan mencari simbol dari tengah daftar sampai data terakhir, dan membandingkannya dengan simbol yang sedang dicari. Apabila simbol tersebut sudah ditemukan, pencarian pada setengah daftar sisanya akan dihentikan.

Binary Synchronous Transmission
Transmisi data dengan sinkronisasi karakter yang dikendalikan oleh tanda waktu dari stasiun pengirim dan stasiun penerima.

Bindery
Database jaringan yang berisi definisi untuk entitas pengguna, group, workgroup, dll.

Binding Time
Waktu pada saat sebuah compiler mengganti sebuah nama simbolis atau alamat simbolis ke dalam bentuk bahasa mesin.

BIOS (Basic Input Output System)
1. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen.
2. Program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.

Bipolar
Mengacu pada transistor biasa atau IC yang bertentangan dengan komponen MOS dan CMOS.

Bipolar Memory
Memori komputer yang memakai IC bipolar sebagai bagian dari memorinya.

BISDN
Layanan pita lebar. Sebagai layanan pita lebar BISDN dapat melayani informasi dengan bit rate konstan maupun bit rate yang selalu berfluktuasi (variable), layanan yang bersifat real-time maupun yang bersifat non real-time serta dapat melayani mode connection oriented ataupun connectionless services. BISDN mengintegrasikan layanan narrowband, seperti telepon, data terminal, telemetri, facsimile, dan teletex dengan layanan broadband, seperti video telephone, videoconference, high speed data transmission, cable television, dll.

BISYNC (Binary Synchronous Comunication)
Protokol komunikasi serial half duplex yang digunakan untuk mentransfer data berkecepatan tinggi antar komputer-komputer besar. Metode yang dipakai adalah menggunakan karakter khusus untuk memisahkan field dalam satu frame data. Protokol ini sangat efisien, fleksibel dan mudah dipelajari.

Bit
Unit terkecil dari informasi. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off.

Bit Density
Jumlah bit yang dapat diletakkan per satuan luas atau volume pada alat penampung data.

Bit Depth
Jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan tiap titik dalam representasi citra grafis. Makin besar jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan suatu titik, semakin banyak warna dan atau bayangan abu-abu yang dapat dibuat.

Bit Diddling
Kadangkala efisiensi penyimpanan dapat lebih ditingkatkan dengan mempaketkan informasi tambahan ke dalam bagian data komputer yang tidak dipakai. Tapi cara ini lebih banyak menimbulkan masalah daripada menguntungkan karena itulah disebut sebagai bit diddling.

Bitmap
Sebuah image grafis yang disusun dari pixel-pixel dan dikonversikan ke dalam bits. Biasa digunakan dalam Microsoft Windows.

BITNET
Jaringan komputer dengan kecepatan dan biaya rendah yang dibuat untuk melayani kebutuhan jaringan di luar batas jaringan ARPANET. Menggunakan protokol store and forward untuk menyediakan layanan e-mail interaktif dan file transfer.

Bit Slice
Sebuah IC yang mengandung kontrol dasar dan sirkuit aritmatika dari sebuah mikroprosessor, tetapi mampu berfungsi hanya dengan sejumlah kecil bit (biasanya 4 bit) dalam sekali waktu. Dengan merangkaikan secara pararel beberapa potongan ini dan mengontrolnya dengan baik, dapat dibuat sebuah prosesor berkecepatan tinggi.

Bit Stuffing
Menyisipkan bit tambahan ke dalam suatu aliran data untuk menghalangi munculnya kontrol yang tidak diinginkan.

Black Box
Alat atau sebuah proses yang khusus hanya dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam.

Black Hat
Hacker jahat, hacker black hat ini juga biasa disebut sebagai “aka crackers” dengan kemampuan mencuri data atau merusak sistem yang ada dalam komputer korban. Kelebihan black hat adalah kemampuannya untuk menghilangkan jejak hingga tidak bisa dilacak siapa sebenarnya pelaku serangan yang terjadi setelah tujuan tertentu mereka terpenuhi. Kamus Istilah Komputer dan Informatika

Blank Character
Karakter yang tampak kosong digunakan untuk menyatakan jarak atau spasi antar karakter yang tampak di layar maupun di kertas.
BLAST (Block Asyncronous Transfer)

Sebuah software untuk mengalihkan data secara asinkron antar sistem komputer yang memakai software BLAST. Menggunakan perangkat antarmuka RS-232 C.

Blink
Istilah untuk menyatakan kursor atau karakter yang berkedip-kedip.

Block
1. Sebuah bagian pada informasi yang terekam dalam magnetic tape atau disk. Satu block dapat memuat beberapa record.
2. Istilah dalam lingkungan pengolah kata dan pemrograman untuk areal yang ditandai dengan warna tertentu, biasanya untuk menandai daerah yang akan disalin, dihapus atau dipindahkan.

Block Body
Sekumpulan pernyataan/perintah yang dituliskan setelah kepala blok dalam blok program komputer.

Block Diagram
Sebuah gambaran dari sistem, sirkuit atau program yang masing-masing fungsinya diwakili oleh gambar kotak berlabel dan hubungan diantaranya digambarkan dengan garis penghubung.

Block Input
Satu blok yang dianggap kompleks dan akan dikirim dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal.

Block Structured
Sebuah konsep dalam pemrograman komputer yang memungkinkan programmer untuk memperlakukan beberapa pernyataan sebagai sebuah unit tunggal sehingga mudah untuk dikendalikan.

Block Transfer
Pemindahan data atau informasi dalam bentuk blok-blok dan dianggap sebagai sebuah record tunggal.

Bluetooth
Teknologi yang diciptakan untuk koneksi wireless jarak dekat (radius 10 meter). Teknologi ini menggunakan chip transceiver yang dirangkai pada mobile computer, telepon, dan peralatan portabel lainnya. Bluetooth menyediakan tiga voice dan kanal data melalui sebuah koneksi one-to-one dengan enkripsi built-in dan verifikasi.

Body
Suatu tag HTML yang digunakan untuk membuka dan menutup semua isian (text, grafik, dll) dalam dokumen HTML.

Bomb
Kerusakan atau kesalahan fatal. Misalnya, program yang secara keseluruhan gagal total. Bisa juga merupakan sebutan bagi programmer yang sengaja menulis sebuah program untuk menghancurkan sebuah sistem komputer.

Bookmark
1. Dalam lingkungan Windows berarti memberi tanda pada hal tertentu untuk memudahkan saat pencarian.
2. Suatu catatan elektronik di dalam browser yang berisi alamat-alamat ke tempat yang kita senangi di Internet.

Boolean Algebra
Sistem peraturan yang dirumuskan oleh George Boolean untuk mengekspresikan pernyataan logika dan mengubahnya ke dalam bentuk aljabar dengan jalan menetapkannya sebagai True atau False; Dikenal pula sebagai logika simbolis yang langsung diterapkan pada sirkuit yang digunakan komputer.

Boolean Variabel
Sebuah variabel yang hanya memiliki nilai true atau false.

Boot
Kegiatan menghidupkan komputer dengan bootstrap loader.

Boot ROM
Sebuah chip memori Read Only yang memungkinkan workstation berkomunikasi dengan file server dan membaca program dari server. Workstation ini kemudian dapat bekerja dalam jaringan tanpa perlu memasang sebuah disk drive.

BOOTP
Sebuah protokol bootstrap, dipakai untuk melewati proses booting pada titik-titik yang tidak mempunyai disk.

Boot Record
Sebuah sektor yang berisi catatan informasi seluruh file dalam disket. Sektor ini ada dalam setiap disket, umumnya diletakkan pada track 1.

Bootstrap Button
Tombol atau sakelar yang pertama kali akan ditekan apabila hendak menyalakan komputer. Penekanan tombol ini akan menyebabkan sistem operasi berhubungan dengan memori.

Bootstrap Loader
Sebuah program yang cukup sederhana untuk dipanggil secara manual dengan pertolongan sakelar. Program ini mampu memanggil program pemanggil lain yang lebih kompleks sehingga dapat menjalankan program buatan sendiri.

BOP (Bit Oriented Protocol)
Nama lain dari protokol HDLC. Protokol ini mampu melaksanakan komunikasi dengan metode Half dan Full Duplex. Pemisahan field dalam frame data tidak menggunakan karakter pengendali.

Border
Batas sebuah jendela (window). Ukuran sebuah jendela dapat diubah dengan meng-klik dan men-drag border tersebut.

Bottom-up Programming
Sebuah cara penulisan program yang diawali dari pembuatan program untuk detail-detail rutin level terendah kemudian naik setingkat demi setingkat sampai pada sistem atau menu utama. Kelebihan sistem ini adalah kemudahan menguji rutin-rutin tersebut. Kekurangannya yaitu bahwa programmer dipaksa untuk membuat keputusan tentang program ini terlalu dini dan mungkin harus mengesampingkan beberapa pekerjaan awal agar struktur program menjadi lebih jelas.

Bounced
Kiriman e-mail yang kembali kepada si pengirim karena alamat yang dituju tidak ada, salah ketik atau kelebihan kapasitas.

Boudot Code
Sistem sandi menggunakan 5 bit, kombinasi yang mampu dimanfaatkan sebagai sandi adalah 32 macam. Untuk memperbanyak jumlah sandi ditambahkan dua sandi khusus yaitu banyak Letters (11111) dan Figures (110011), sehingga memungkinkan sandi boudot memberi sandi untuk 58 macam simbol.

Bounds Register
Alat yang dapat menyimpan batas atas dan bawah address memori yang berasal dari program komputer yang diberikan dalam sistem time sharing.

Bps (Byte per second)
Satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data di antara komputer, dihitung dari banyaknya bit yang dikirim per detik.

Brach
Suatu urutan perintah dalam program yang dilalui komputer tergantung berapa banyak jumlah variabel.

Branch Instruction
Perintah untuk menjalankan tes pada sebuah register atau flag. Berdasarkan hasil yang diperoleh, komputer mungkin akan melanjutkan instruksi selanjutnya atau melompat ke bagian lain dari program.

Brainware
Istilah untuk menyatakan manusia sebagai pemakai komputer. Brainware bisa dikategorikan menjadi sistem analis, programmer dan operator.

Break
Perintah untuk menghentikan jalannya program. Biasanya perintah ini dilakukan dengan menekan tombol CTRL+C.

Break Point
Beberapa komputer memiliki sebuah sakelar yang akan membuat komputer akan berhenti di titik tertentu dalam program, sehingga operator dapat memeriksa jalannya program; atau dapat juga dengan jalan meletakkan perintah stop dalam program. Perintah ini dapat dihapus apabila program telah berjalan dengan baik.

BS (Backspace Character)
Salah satu karakter yang mampu melakukan pemindahan ke belakang secara otomatis dari suatu alat input atau output.

BSD (Barkeley Software Distribution)
Versi pertama sistem operasi UNIX yang memasukkan dukungan TCP/IP.

BSI (British Standards Institution)
Suatu organisasi di Inggris yang menentukan berbagai standar, termasuk komputer.

Buble Sort
Cara pengurutan data atau file dengan cara saling menukar tempat dalam urutan, mirip dengan gelembung dalam air. Metode ini adalah cara terbaik untuk mengurutkan data/file dengan jumlah sedikit. Untuk file yang lebih besar terdapat metode lainnya.

Buffer
Tempat penyimpanan data sementara. Hal ini sering digunakan ketika transmisi data harus mengambil tempat pada kecepatan yang berbeda. Buffer mengakumulasi data dari peralatan berkecepatan rendah. Pada hardware, buffer adalah alat yang meluaskan sinyal, memperbesar kemampuan drive.

Bridge
Perangkat yang menghubungkan jaringan secara fisik dengan cara menggandeng dua buah LAN yang menggunakan protokol sejenis. Bridge yang mempunyai kemampuan untuk mengawasi lalu lintas data sehingga dapat memberikan informasi tentang volume lalu lintas dan kesalahan jaringan.

Bridgeware
Sebuah alat Bantu berupa hardware atau software yang dipakai dalam menyalin program dan menulis sejumlah data untuk sebuah komputer dengan format tertentu.

Bridging
Istilah untuk menyatakan pemakaian bridgeware untuk menghubungkan sistem dengan format dan struktur yang cocok untuk satu jenis komputer dengan sistem yang sesuai untuk komputer lainnya.

Brightnes
Tombol pada monitor komputer yang berfungsi untuk mengatur terang atau gelap cahaya pada layar.

Broad Band
Pada lingkungan LAN, alat ini menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang mampu membawa banyak sinyal dalam satu waktu; bahkan mampu membawa sinyal audio dan video.

Broad Band ISDN
Bentuk broad band dengan layanan terpadu, dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi.

Broadband
Koneksi yang sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen (downstream) atau dari konsumen ke provider (upstream). (Komisi Komunikasi Pemerintah Federal AS).

Broadband Channel
Saluran data yang berkecepatan tinggi dan data akan dibawa oleh sinyal berfrekuensi tinggi.

Broadcast
Pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatu jaringan.

Broadcast Address
Sebuah alamat yang isinya bit 1 semua, dapat memberi alamat pada semua terminal yang berhubungan dengan jaringan tersebut.

Broadcast Communication Network
Istilah untuk jaringan komunikasi yang pengiriman datanya dari sebuah terminal dilakukan secara broadcast.

Brouter
Suatu alat penghubung jaringan yang mengkombinasikan fungsi router dan bridge. Alat ini mengatur lewatnya data sesuai dengan protokol yang dipakai dan menjembatani semua lalu lintas data lain.

Browse
Perintah dalam lingkungan Windows untuk menampilkan isi disk.

Browser
Program aplikasi yang digunakan untuk browsing.

Browsing
Aktivitas penjelajahan beberapa situs di Internet.

Bug
Kesalahan dalam program yang mengakibatkan jalannya program menjadi kurang baik.

Build
Perintah dalam bahasa pemrograman untuk menjalankan kembali program yang dibuat dari awal.

Built-in
Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.

Built-in Check
Hardware yang lebih mendahulukan mengatur ketepatan data daripada memindah atau menyimpan data ke dalam sistem.

Built-in Procedure
Prosedur yang disediakan untuk pernyataan sederhana yang dibuat pada bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Bullet
Istilah di lingkungan pengolah kata yang menyatakan penomoran beberapa baris naskah menggunakan lambing/simbol berukuran kecil.

Burst
1. Cara pengiriman data dengan cara mengumpulkan informasi, kemudian dikirimkan sebagai unit yang besar dalam sebuah jalur berkecepatan tinggi. Kebanyakan lalu-lintas LAN memakai metode ini karena mempunyai interval yang pendek.
2. Istilah untuk kesalahan terkumpul. Dalam salah satu satuan waktu terdapat lebih dari 1 bit yang terganggu.

Bus
Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.

Bus Topologi
Salah satu bentuk topologi jaringan. Semua simpul (node) memiliki kedudukan sama. Apabila salah satu simpul mengalami kerusakan maka sistem jaringan tidak akan terganggu.
Byte

Informasi dengan panjang 8 bit.

Byte Mode
Model pengiriman data yang dilakukan dengan cara mentransfernya byte demi byte.

0 komentar:

Posting Komentar