Pages

Subscribe:

Kamis, 05 Mei 2011

Recover Data pada Memory Card atau USB Drive

recovery-flash Suatu ketika kita mungkin pernah mengalami nasib yang naas, seperti tiba-tiba saja kita mengalami kerusakan pada memory card atau USB drive. Tentunya akan membuat kesal, apalagi sangat banyak data penting yang tersimpan didalamnya. Jika pada saat anda mengakses USB disk tersebut dan menemui pesan E:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable, atau bisa dilihat pada gambar, sebaiknya jangan panik dulu atau mengklaim bahwa disk tersebut telah rusak. hal ini bisa disebabkan karena ada kesalahan pada struktur direktori dan file dalam media tersebut.
Bagaimana cara kita memperbaikinya ?

Yang kita lakukan adalah masuk kedalam mode DOS Prompt, dengan cara klik menu Start lalu pilih RUN dan ketikkan CMD.
Jika prompt sudah tampilkan, kita ketikkan perintah chkdsk e: /r
Huruf yang bertanda merah (e:) menyatakan drive yang ingin kita perbaiki. Bisa saja drive USB drive anda pada drive h: ataupun yang lain. Jadi perhatikan dahulu nama drive USB disk anda. Baru lakukan perintah diatas.
recovery-flash01


Perintah diatas digunakan untuk memeriksa ulang struktur dari disk yang ada pada drive tujuan. Opsi /r kita pergunakan untuk memperbaiki secara otomatis, jika ada kesalahan struktur. Ketika ditemukan kesalahan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
recovery-flash02
Terkahir perintah chkdsk (check disk) akan menampilkan laporan dari proses perbaikan tersebut. nah sekarang coba akses kembali USB drive anda melalui Windows Explorer. Mudah-mudahan data anda dapat diakses kembali.
recovery-flash03
You might also like:

0 komentar:

Posting Komentar