Pages

Subscribe:

Kamis, 05 Mei 2011

Membuat Software Jadi Portable

               Menurut kamu apakah mungkin software-software yang kamu install dapat kamu jadikan portable? Menurut saya hal itu mengkin-mungkin saja tergantung software apa yang kita ingin kita jadikan portable. Saya akan mencoba membuat tutorialnya dan disini saya akan mencontohkan membuat Internet Download Manager menjadi portable.
Langkahnya adalah sebagai berikut:
Cara pertama:
1. Pasang Flashdiskmu (kalau kamu punya) pada komputer.
2. Double klik software yang akan dijadikan portable











3. Klik tombol Next, sampai bagian Choose Destination Location.
4. Klik tombol browse, kemudian pilih/klik drive. Misal Drive F (flashdisk).

















5. Buat folder baru dengan cara ketik nama foldernya pada textbox Browse for folder. Misalkan kamu memiilih drive F, maka tulisan di textbox akan berubah menjadi F:\, kemudian tambahkan nama folder seperti IDM  hingga menjadi F:\IDM  pada textbox.
6. Klik tombol OK.
7. Lanjutkan Proses Installisasi sampai selesai.

Kesimpulan dari langkah diatas adalah bahwa software yang diinstall tersebut masuk ke dalam flashdisk.

Cara Kedua:
1. Tentukan software yang akan dijadikan Portable.
2. Klik kanan pada file/software yang akan dijadikan Portable (misalkan antivirus ANSAV)
3. Pilih Extract Files…



4. klik OK.
5. Maka akan ada folder dari hasil Extract tadi.



6. Di folder itulah software menjadi portable.


Catatan:
* Jika kamu mengikuti cara pertama, untuk membuka software yang sudah diinstall adalah dengan cara: klik Start --> All Program --> Internet Downloat Manager --> klik kanan pada Internet Download Manager (yang bericon hijau) pilih Properties, kemudian klik Find Target.. dan akan terbuka folder tempat software tersebut diinstall dan akan ada software/ file yang terseleksi, itulah software IDMnya. Cara ini dimaksudkan agar kamu tidak bingung untuk membuka software yang kamu install dengan cara diatas (cara pertama) karena nama software/file yang sudah diinstall akan berbeda dengan nama yang ada di Start Menu.

* jika kamu mengikuti cara yang kedua, untuk membuka software yang sudah diextract adalah dengan mengklik satu per satu file yang berekstenti/berformat exe setelah kamu meemperhatikan betul-betul nama filenya (biasanya cara yang kedua ini nama filenya sama dengan nama yang ada di Start Menu jika kamu melakukan instalisasi seperti biasa (bukan diextract)). Baca juga tutorial atau tips saya yaitu  Cara Melihat Ekstensi File dan Me-Renamenya.

0 komentar:

Posting Komentar