Pages

Subscribe:

Rabu, 04 Mei 2011

Istilah-Istilah dalam Komputer Dan Informatika (Entri L)

L1 Cache
Sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa prosesor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.

L2 Cache
Umumnya terdiri dari chip SRAM yang terletak di dekat prosesor, meskipun demikian, prosesor Athlon generasi terbaru memiliki L2-Cache on chip. Fungsinya sama dengan L1 Cache, L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor.

LAN
Sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps.

Land Attack
Serangan kepada sistem dengan menggunakan program yang bernama “land”. Apabila serangan diarahkan kepada sistem Windows, maka sistem yang tidak diproteksi akan menjadi hang (dan bisa keluar layar biru). Demikian pula apabila serangan diarahkan ke sistem UNIX versi lama, maka sistem akan hang. Jika serangan diarahkan ke sistem Windows NT, maka sistem akan sibuk dengan penggunaan CPU mencapai 100% untuk beberapa saat sehingga sistem terlihat seperti macet. Program land menyerang server yang dituju dengan mengirimkan packet palsu yang seolah-olah berasal dari server yang dituju. Dengan kata lain, source dan destination dari packet dibuat seakan-akan berasal dari server yang dituju. Akibatnya server yang diserang menjadi bingung.

Layer
Lapisan (konsep) dalam networking. Berbagai model komunikasi seperti OSI dan TCP/IP terdiri atas beberapa layer yang menyusun protokol tersebut.

LCD (Liquid Crystal Display)
Jenis tampilan layar yang menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.

LDAP (Lightwieght Directory Access protocol)
Protokol yang digunakan untuk mengkases berbagai informasi dalam suatu direktori. LDAP dikembangkan atas dasar X.500 hanya saja lebih mudah dan mendukung TCP/IP. Walaupun penggunaannya belumlah luas tapi LDAP yang merupakan Open Protocol sangat fleksibel karena bisa diimplementasikan untuk aplikasi seperti E-mail, Public Key dengan berbagai platform dan sistem operasi.

Leased Line
Komunikasi permanen antara 2 buah titik/tempat dengan menggunakan media kabel telepon biasa. Biasanya leased line digunakan untuk menghubungkan antara 2 kantor yang berjauhan satu sama lain secara permanen. Tidak seperti koneksi Dial-Up leased line selalu aktif setiap saat dan pembayarannya juga tetap bukan atas dasar jam pemakaian. Harga leased line ditetapkan atas beberapa faktor antara lain jarak antara kedua tempat tersebut dan kecepatan koneksi.

LED (Light Emitting Diode)
Sebuah lampu kecil yang digunakan sebagai penanda atau pointer.

Link
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Misalnya dalam sistem networking atau Internet.

Listserv
Software manajemen mailing list.

Load Time
Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil/membuka halaman Web pada komputer.

Locate
Perintah yang digunakan dalam Linux/Unix untuk mendapatkan file tertentu. Hanya saja perintah locate ini harus didahului dengan slocate untuk melakukan updating informasi file dalam host tersebut.

Localhost
Di dunia Networking, Localhost merupakan istilah yang digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar - benar mendapatkan hostname dari hostmasternya.

Log
Catatan yang merekam segala aktifitas suatu aplikasi dijalankan. terkadang Log juga digunakan untuk menganalisa status suatu aplikasi.

Login
Proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.

Log out
Keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out.

Logical DOS Drive
Partisi-partisi yang dibuat setelah pembuatan extended partition dan berfungsi untuk mengisi extended partition dari suatu harddisk. Logical DOS drive didesain dan diatur sebagai unit independen. Misalnya drive C:, D: dan E: dapat berarti tiga drive atau sebuah drive dibagi menjadi tiga logical drive.

Loopback Address
Alamat IP (IP Address) yang dialokasikan software untuk mengakses host itu sendiri. Loopback Address (127.0.0.1). Loopback Address tidak mewakili hardware yang tidak terkoneksi dengan suatu network hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi secara lokal dalam host yang bersangkutan.

Lpd (Linux Printing Daemon)
Untuk menjalankan aplikasi printer di Linux.

Low End
Istilah untuk PC kelompok rendahan baik dari spesifikasi maupun harga.

LTO (Linier Tape Open)
Standar open magnetic tape yang dibuat oleh HP, IBM dan Seagate yang dilisensikan ke vendor pihak ketiga. Pada tahun 1998, LTO memperkenalkan format Accelis dan Ultrium yang membagi komponen umum seperti head untuk read/write, track layout dan teknologi servo. Cartridge LTO berisi memori yang menyimpan history dari penggunan data.

Lucent
Salah satu perusahaan terkemuka di bidang tehnologi wireless di Amerika Serikat yang terkenal dengan produk Wavelannya.
http://www.lucent.com

Lynx
Browser non Grafik untuk sistem UNIX dan DOS.

0 komentar:

Posting Komentar