Pages

Subscribe:

Rabu, 04 Mei 2011

Istilah-Istilah dalam Komputer Dan Informatika (Entri R)

Radio Button
Digunakan dalam form agar dapat memilih hanya satu pilihan eksklusif dari beberapa daftar pilihan.

RAMDAC (Random Acces Memory Digital to Analog Converter)
Chip pengontrol VGA yang mengatur color pallete dan convert data dari memori ke sinyal analog di monitor.

RDRAM
Sebuah teknologi chip dinamis dari Rambus, Inc. Produk ini memiliki lisensi khusus untuk teknologi semi konduktor yang memproduksi chip. Pada 1995 diperkenalkan chip dasar dengan kecepatan 600 MBytes/sec. Pada 1997, Concurrent RDRAM mengalami peningkatan kecepatan hingga 700 MBps, dan pada 1998, Direct RDRAM mencapai kecepatan 1,6 GBps. Concurrent RDRAMs banyak dipergunakan pada video games, sementara Direct RDRAM biasa dipakai pada komputer.

Recovery CD
Recovery CD mempunyai fungsi untuk mengembalikan isi harddisk seperti pada awalnya PC (Personal Computer) dijual, alias kembali ke standar dari produsennya.

Red Hat (http://www.redhat.com)
Salah satu distribusi Linux, merupakan distribusi (distro) paling populer. Modus grafis memudahkan instalasi ini. Point terbesar distro ini adalah RPM (Redhat Package Manager), dengan software ini kita dapat melakukan install atau uninstall aplikasi dan komponen sisop. RPM saat ini dianggap sebagai standar de-facto dalam hal pemaketan dan penggunaannya telah luas di berbagai distro lainnya, kecuali Debian.

Render
Suatu langkah akhir transformasi citra atau scene tiga dimensi agar citra baru ditampilkan di layar.

Resize
Mengubah resolusi atau ukuran horizontal dan vertika suatu citra.

Resolusi
Jumlah detail yang ditunjukkan dalam gambar, baik di layar monitor atau hasil cetakan. Untuk monitor atau webcam, adalah jumlah pixel yang bisa di-display (biasanya 1.024x768 untuk monitor 17 inchi).

RJ-11 Connector
Konektor telepon standar yang dipasang ke jack yang biasanya dipasang di dinding untuk mendapatkan sambungan telepon. Konektor ini bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan PCnet-Home.
RJ-45 Connector


Root
Istilah ini diadaptasi dari sistem UNIX dimana seorang pengguna bisa memiliki hak pengendalian terbatas pada sebuah sistem. Hacker menggunakan istilah ini untuk menggambarkan kemampuan mereka dalam melancarkan serangan dan menguasai sistem korbannya.

Root directory
Direktori dasar untuk memulai semua direktori yang ada di hard disk atau disket.

Root File
File-file utama yang turut berperan untuk menjalankan suatu program. Di dalam hirarki sistem file, Root File merupakan file pertama yang menjadi starting point atau dasar dari file-file berikutnya.

Router
Alat penghubung antara LAN dan Internet yang merutekan transmisi antara keduanya.

Routing Information Protocol (RIP)
Protokol yang digunakan untuk menyebarkan informasi routing dalam jaringan lokal (terutama yang bermedia broadcast seperti Ethernet).

RPM (Rotation Per Minute)
Jumlah putaran per menit. Ukuran yang digunakan untuk menyatakan kecepatan rotasi dari sebuah disk drive. Floopy disks memiliki kecepatan rotasi 300 rpm, sedangkan harddisk memiliki kecepatan dari 2.400 hingga 3.600 rpm atau lebih.

RS 232
Standard ini menyangkut komunikasi data antara komputer induk (Data Terminal Equipment-DTE) dengan alat-alat pelengkap komputer (Data Circuit Terminating-DCE).

RTOS (Real Time Operating System)
Software sistem operasi yang didesain untuk digunakan dalam sistem komputer real time.

Ruang Diskusi
Fasilitas sebuah web untuk bertukar komentar.

0 komentar:

Poskan Komentar