Pages

Subscribe:

Sabtu, 02 Juli 2011

Cara Memodifikasi CD Rom/DVD Internal Menjadi Eksternal

Belakangan netbook menjadi sebuah barang bawaan yang tidak pernah dilupakan, sama halnya seperti handphone. Ini dikarenakan ukurannya yang lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan laptop yang ukurannya lebih besar.
Perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah pada netbook tidak dilengkapi dengan optical drive/CDDVD ROM internal, tetapi pada laptop dilengkapi optical drive. Ini yang menjadi kendala pengguna netbook ketika ingin melakukan instalasi software atau bahkan instalasi sistem operasi (instalasi ulang) yang kebanyakan mengunakan kepingan cd instalasi.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat menginstal aplikasi kedalam netbook, bisa menggunakan 
flashdisk atau bisa juga menghubungkan CD/DVD ROM internal ke netbook dengan menggunakan kabel USB TO SATA/IDE. Bila anda menggunakan cara yang pertama, ada beberapa tahap yang harus dilalui diantaranya adalah membuat ISO untuk aplikasi yang akan di instal kedalam netbook. Cara ini memang sedikit rumit, apalagi untuk yang baru pertama kali melakukannya, tapi tidak perlu khawatir karena sudah banyak postingan yang memberikan langkah-langkah bagaimana cara melakukan instalasi melalui flashdisk.
Apabila anda menggunakan cara yang kedua, cara ini lebih mudah. Anda hanya menghubungkan kabel SATA/IDE dengan netbook. Kabel USB TO SATA/IDE ini bisa anda dapatkan di toko-toko yang menjual aksesories serta perlengkapan komputer, harganya berkisar Rp. 55.000-75.000.

0 komentar:

Posting Komentar