Pages

Subscribe:

Rabu, 02 Maret 2011

Kertas Macet Ketika Sedang Mencetak


           Ketika sedang melakukan proses cetak tiba-tiba kertas macet,ini disebabkan karena kertas tersangkut di dalam printer.Walaupun nantinya proses tersebut berhasil,tetapi kertas hasil cetakan akan menjadi kotor
Kasus seperti di atas sering di sebut dengan paper jam.Beberapa penyabab dari paper jam diantaranya:
  • Tumpukan kertas yang terlalu tebal pada paper tray printer.
         Sebaiknya anda menyesuaikan ketebalan kertas yang akan anda gunakan untuk mencetak,dengan printer yang anda gunakan.Jika anda ingin melakukan pencetakan yang memang menggunakan kertas yang banyak/tebal,sebaiknya anda meletakan kertas pada paper try bertahap,tidak langsung semuanya.

  • Ada masalah pada roller printer,biasanya komponen ini sudah aus.
        Untuk menghindari terjadinya hal ini,sebaiknya anda selalu menjaga printer dari debu.Masuknya debu ke dalam printer dapat mengakibatkan komponen-komponen printer mudah aus. Anda dapat menggunakan plastik penutup (cover) saat printer tidak digunakan .
  • Kertas yang digunakan mudah menempel satu dengan yang lain.
          Anda dapat memilih kertas yang sesuai dengan perinter anda.Konsultasikan kepada tempat anda membeli printer,kemungkinan tempat tersebut menjual kertas yang cocok digunakan untuk printer yang anda miliki.Ada baiknya tumpukan kertas yang akan anda letakkan pada paper try anda kibas-ibaskan dahulu agar kertas tidak saling menempel.
          Tetapi jika printer a nda sudah mengalami paper jam,yang dapat anda lakukan adalah menekan tuas yang terserdia pada printer anda(lihat buku manual).Ini bertujuan agar roller yang menjepit kertas dapat di netralkan,kemudian secara perlahan anda dapat menarik kertas yang tersangkut pada printer.

0 komentar:

Posting Komentar