Pages

Subscribe:

Jumat, 02 Desember 2011

Cara Menghemat Penggunaan Printer

           Berbagai cara dilakukan oleh pemakai printer untuk menghemat biaya pengeluaran, bahkan sampai ke hal-hal yang dulunya dianggap sepele. Salah satu contohnya adalah masalah mencetak dokumen dengan menggunakan printer.
         Jenis printer yang dinilai ekonomis adalah printer tipe inkjet. Selain harga printernya yang murah, juga banyak tersedia tinta isi ulang (refill) yang bisa disuntikkan sendiri atau memakai jasa refill center yang makin menjamur di kota-kota besar. Tentunya dengan resiko yang harus ditanggung sendiri jika terjadi kerusakan setelah penyuntikan yang tidak benar. 
            Tips-tips berikut ini bisa anda terapkan untuk sedikit menghemat biaya pengeluaran dari printer anda dipakai :

1. Lakukan preview sebelum mencetak
Jangan buru-buru menekan tombol Print di aplikasi pengolah kata atau dari web browser anda untuk mencetak dokumen yang anda inginkan. Biasakan menekan tombol Print Preview atau menggunakan menu File > Print Preview untuk memastikan perkiraan hasil cetakan. Jika kebiasaan ini anda terapkan maka anda akan menghindari pencetakan dua kali (atau lebih) akibat kesalahan pengaturan susunan format dokumen ataupun pengaturan margin yang kurang pas.

2. Gunakan mode economic
Hampir di semua printer jenis inkjet terdapat pengaturan mode pencetakan, yang fungsinya untuk mendapatkan hasil cetakan yang paling bagus, cukup bagus, atau biasa-biasa saja. Ada baiknya anda menggunakan mode yang paling rendah, sebab perbedaan tampilan secara kasat mata tidak akan terlalu kelihatan. Terlebih jika yang dicetak hanya berupa dokumen teks, bukan sebuah gambar atau foto. Jadi biasakan meng-klik tombol Preferences sebelum anda menekan tombol Print, dan pastikan mode yang anda pilih sudah berada di opsi Economic atau Draft.

3. Hanya cetak bagian text
Seringkali saat anda browsing website atau blog, dan menemukan artikel menarik, anda ingin mencetak artikel tersebut untuk dibaca lebih lanjut atau untuk ditempel di mading (majalah dinding) di kantor atau di kampus atau sekolah. Ada baiknya anda hanya mencetak bagian artikel yang berupa text
saja, dan tidak keseluruhan halaman karena biasanya disitu terdapat juga gambar atau foto atau elemen-elemen web lain sebagai pelengkap. Untuk itu, bloklah bagian text yang hendak anda cetak, dan gunakan opsi File > Print > Selection untuk mencetak hanya bagian text yang telah diblok tadi. 

4. Gunakan tombol power printer
Beberapa orang sering mematikan printer dengan cara mencabut kabel powernya langsung, dan tidak menggunakan tombol power yang ada di printer. Mulai saat ini, hentikan cara tersebut. Sebab jika anda mematikan printer dengan cara mencabut kabel power printer, head printer tidak bisa parkir dengan sempurna ke tempat yang semestinya. Hal ini lama-kelamaan akan menyebabkan head cepat kering, bahkan yang lebih parah bisa merusak head printer itu sendiri. Jadi, selalu gunakan tombol POWER di printer untuk mematikan dan menyalakan printer.
 
5. Cegah tinta mengering
Salah satu kelemahan printer inkjet adalah kemungkinan tinta mengering jika tidak digunakan dalam waktu lama. Sayang bukan jika cartridge yang baru anda beli dan baru terpakai satu atau dua kali sudah mengering? Memang, ada kalanya sebuah printer jarang digunakan. Tapi meski begitu anda harus sempatkan untuk mencetak menggunakan tinta hitam atau berwarna, minimal seminggu satu kali. Hal ini akan mencegah tinta cepat mengering. 

6. Gunakan jasa refill center
Membeli cartridge baru untuk menggantikan cartridge yang sudah habis memang cara yang terbaik. Selain mendapatkan hasil cetakan yang bagus, juga mengurangi resiko kerusakan printer. Namun harus diakui harga sebuah cartridge baru memang tidak murah. Kesempatan ini rupanya juga diendus oleh produsen pembuat tinta isi ulang dengan menyediakan solusi alternatif untuk menghemat biaya pembelian cartridge baru. Namun anda harus SANGAT berhati-hati dalam menggunakan tinta isi ulang ini. Sebab bisa-bisa cartridge anda jadi bocor dan tumpah ke dalam printer, sehingga membuat printer rusak. Solusi yang terbaik, gunakan jasa refill center untuk melakukan hal itu secara aman. Memang ada sedikit tambahan biaya, tapi anda akan mendapatkan jaminan yang sesuai.

1 komentar:

Blogger mengatakan...

In this manner my colleague Wesley Virgin's tale starts in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

Wesley was in the military-and shortly after leaving-he found hidden, "mind control" tactics that the CIA and others used to get anything they want.

These are the EXACT same tactics lots of famous people (notably those who "come out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and famous.

You probably know how you only use 10% of your brain.

That's because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.

Maybe this thought has even taken place IN YOUR very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain seven years back, while driving an unregistered, beat-up garbage bucket of a car without a driver's license and with $3.20 on his debit card.

"I'm very frustrated with going through life paycheck to paycheck! Why can't I become successful?"

You've taken part in those thoughts, isn't it so?

Your success story is waiting to start. You need to start believing in YOURSELF.

Take Action Now!

Posting Komentar